Sunday, December 15, 2024

2022

Kabar dari Bukit Minggu 3 Juli 2022

Kabar dari Bukit

 

 IMAN DAN PEMULIHAN (2Raj. 5:1-14)

 

Mengapa engkau mengoyakkan pakaianmu? Biarlah ia datang kepadaku, supaya ia tahu bahwa ada seorang nabi di Israel (2Raj. 5:8b)

 

Ketaatan dan pemulihan melalui iman adalah tema firman Tuhan bagi kita di hari Minggu yang berbahagia ini, yakni 2Raj. 5:1-14. Ini kisah Naaman, panglima raja Aram (Syria), yang sembuh dari penyakit kusta dengan mandi di sungai Yordan. Namun sesungguhnya ini kisah berantai, tentang cara Allah bekerja pada berbagai tipe manusia.

 

 

Atas nasihat gadis tawanan yang menjadi pembantunya, Naaman pergi menghadap raja Israel dengan surat pengantar dari raja Aram, agar dapat disembuhkan (ay. 2-5). Berbagai persembahan dibawanya, berharap raja Israel bersedia. Tetapi raja Israel malah marah, mengoyakkan pakaiannya, merasa dilecehkan (ay. 7). Namun nabi Elisa meminta agar mengirimkan Naaman kepadanya. Naaman pun datang. Nabi Elisa, tanpa keluar rumah, meminta Naaman pergi mandi tujuh kali di sungai Yordan. Naaman gusar. Kok? Tetapi pegawainya mengatakan, sebaiknya mencoba dan taat, dan Naaman melakukannya. Mukjizat pemulihan pun terjadi, penyakit kusta Naaman sembuh dan tahir (ay. 14).

 

 

Allah bekerja kadang berliku, tidak mudah ditangkap akal. Pada masa itu penyakit kusta jelas belum dapat disembuhkan. Tetapi Allah memakai semua orang, untuk mengambil bagian menjadi saksi bagi kebesaran-Nya. Seorang tawanan pembantu rumah dengan imannya berpikir sederhana, memberi informasi, ia ingin menolong tuannya meski bangsa lain, untuk sembuh dengan mengenalkan Allah Israel.

 

 

Raja Aram berpikir bahwa kuasa dan harta dapat menyelesaikan semua masalah. Ada salah pengertian, berpikir Raja Israel adalah manusia, raja biasa, sehingga ia meminta menyembuhkan, dengan hadiah, yang membuat raja Israel marah. Nabi Elisa melihat peluang bagus untuk menyatakan kebesaran Tuhannya, maka ia meminta Namaan dikirimkan kepadanya. Ketaatan Namaan akhirnya membuktikan, bahwa kuasa mukjizat Allah tidak mesti melalui proses yang rumit dan meriah. Cukup mandi tujuh kali di sungai Yordan.

 

 

Melalui nas minggu ini kita diajarkan beberapa hal. Pertama, kita semua diminta untuk ikut menjadi saksi kebesaran dan kekuasaan Allah. Tidak harus menjadi orang penting. Nyatakanlah bahwa Allah Israel, Allah yang kita kenal dalam Yesus Kristus, adalah Allah yang dahsyat, berkuasa atas semua umat manusia. Berikan informasi sekecil apapun, sebagai kesaksian, tuaian, pembuka pengenalan terhadap Allah kita.

 

 

Kedua, maklumi, penyampaian informasi mudah terdistorsi dan dibelokkan. Pembantu kecil mengatakan yang menyembuhkan Allah Israel melalui nabi Elisa, ternyata berbelok menjadi raja Israel yang tidak percaya mukjizat. Oleh karena itu, jika ada informasi tidak menyenangkan diterima, jangan cepat kesal, mergut, apalagi marah. Usahakan mencari informasi yang benar. Jangan juga cepat-cepat pasrah berserah. Allah bukanlah pembantu kita, melainkan kitalah pembantu-Nya untuk menyatakan kebaikan dan kebenaran.

 

 

Ketiga, iman dan ketaatan adalah inti semua solusi. Iman setia pembantu Namaan yang berani berbicara. Iman Elisa yang tahu Allah juga berkarya bagi mereka yang tidak mengenal-Nya. Iman pegawainya yang membuat Namaan taat. Iman menjadi kunci segalanya, sepanjang dilakoni untuk menyatakan kasih dan kemuliaan Tuhan.

 

 

Saudaraku dalam Kristus. Mungkin saat ini kita dalam situasi beban penyakit atau beban hidup lainnya. Jangan pernah putus harapan. Jangan juga terkesima dengan bentuk atau proses ritualnya. Allah tidak bekerja demikian. Bila dokter sudah angkat tangan, atau tidak punya dana dan daya, air putih yang kita minum dalam iman dan doa, akan menjadi “obat” mujarab bagi kesembuhan dari Allah. Mintalah kesediaan hamba Allah untuk ikut mendoakan (Yak. 5:14). Roh Allah dapat bekerja dengan perkataan saja (Mat. 8:13; Yoh. 5:9), apalagi dengan air putih. Dalam bidang lain juga sama, ketika jalan lain sudah buntu. Imanlah yang membuat segalanya mungkin bagi orang percaya, tetapi cobalah untuk taat dan jadikan kesaksian yang hidup.

 

 

Tuhan Yesus memberkati, amin.

Khotbah Minggu 3 Juli 2022

 

Minggu Keempat Setelah Pentakosta Tahun 2022

 

TUAIAN BANYAK PEKERJA SEDIKIT (Luk. 10:1-11, 16-20)

 

 

Bacaan lainnya menurut Leksionari: 2Raj. 5:1-14;   Mzm. 66:1-9; Gal. 6:(1-6), 7-16

 

 

 

Pendahuluan

 

Dalam nats minggu ini Tuhan Yesus mempersiapkan para murid-Nya untuk melakukan misi pekabaran Injil ke berbagai sasaran. Kalau sebelumnya yang diutus hanya 12 murid dan khusus kepada suku bangsa Israel saja, maka pada kesempatan ini Tuhan Yesus mengutus lebih banyak lagi yakni 70 murid dan tidak hanya kepada suku-suku bangsa Israel, tetapi juga kepada bangsa-bangsa lain sehingga semakin banyak yang percaya dan mengikut Dia. Yesus tidak hanya mempersiapkan mereka dalam hal fisik dan rohani, melainkan juga memberi kuasa agar misi tersebut lebih berhasil. Dari bacaan yang cukup panjang minggu ini, kita menarik beberapa pelajaran hidup sebagai berikut.

 

 

Pertama: tuaian banyak pekerja sedikit (ayat 1-2)

 

Umat Yahudi yang terdiri dari 12 suku pada saat itu diam di berbagai wilayah yang cukup luas dan terdapat juga suku-suku lainnya yang terbaur. Oleh karena itu pengutusan 12 murid dirasakan tidak cukup untuk mengabarkan ke semua penduduk yang ada, sehingga Yesus menambah jumlahnya. Pengutusan juga dilakukan tidak sendiri-sendiri melainkan berdua-dua, dengan maksud agar mereka dapat saling mendukung dan menguatkan baik dalam iman, hikmat maupun menghadapi persoalan praktis (band. Pkh. 4:9-12; Mat. 18:16; Mrk. 6:7; Luk. 7:9; Kis. 9:38). Tuhan Yesus memberi contoh bahwa pemberitaan Injil itu harus mengutus semakin banyak orang di luar kelompok kita, dan penyebarluasan Injil tidak cukup hanya perbuatan baik oleh orang percaya maupun gereja. Hal ini yang harus menjadi perhatian kita saat ini.

 

 

Terlebih, permasalahan yang ada di sekitar kita semakin nyata dan berat saat ini. Kita umat Kristen adalah kaum minoritas di tengah-tengah keberadaan agama lain yang mayoritas. Lingkungan kecil di tempat kerja, organisasi, atau kumpulan informal, atau tempat tinggal di lingkup RT, RW, kelurahan hingga provinsi menantang kita harus menganggap semua itu sebagai ladang tuaian. Mungkin sebagian kelompok atau wilayah itu memang masih memerlukan persiapan membajak dan menabur benih, tetapi sebagian lagi pasti sudah ada yang menguning dan siap untuk dipanen. Kita tidak dapat menunggu atau menyalahkan pihak lain jika tidak ada lembaga penginjilan atau gereja yang melakukan misi itu, apalagi secara khusus dan terorganisir, karena banyak hal penyebabnya. Maka inisiatif itu haruslah ada pada diri kita untuk menerima panggilan memberitakan Kristus dan kasih-Nya kepada sesama tadi, dimanapun kita berada. Oleh karena itu, Tuhan Yesus mengatakan, tuaian banyak tetapi pekerja sedikit.

 

 

Seandainya kita merasa tidak terpanggil untuk melakukannya secara langsung dengan berbagai alasan dan pertimbangan, maka kita dapat melakukannya secara tidak langsung, yakni dengan memberikan dukungan kepada pihak yang melakukan penginjilan, meski perbuatan baik dan tindakan yang mengherankan umat lain juga harus kita lakukan bagi semua orang. Tantangan kita adalah bagaimana menghadirkan Kristus dan kasih-Nya ke tengah-tengah mereka. Setiap orang Kristen tidak hanya berani menyatakan iman kepada gereja dan sesama orang percaya, melainkan juga harus berani menyebut dirinya sebagai Penginjil meski dalam bentuk dan penampilan yang beragam. Perintisan rohani untuk menghadirkan Kristus dapat dilakukan melalui perbuatan konkrit, obrolan pertemanan hingga percakapan khusus bagaikan konseling. Yang utama adalah kesediaan menyatakan diri di hadapan Allah bahwa kita adalah utusan-Nya, dan bersedia mempersiapkan diri sebagaimana layaknya maju dalam pertempuran rohani. Kita adalah pekerjanya, dan kita adalah penuainya. Hanya mereka yang bersikap demikian merupakan bukti  pengikut sejati Yesus dan yang berkenan kepada Allah.

 

 

 

Kedua: diutus ke tengah serigala (ayat 3-4)

 

Tuhan Yesus mengibaratkan pengutusan para murid bagaikan mengutus ke tengah serigala. Alasannya saat itu cukup sederhana, yakni sikap penerimaan umat Yahudi dan juga suku lainnya pada Yesus dan murid-Nya tidak semuanya bersahabat, bahkan ada yang secara terbuka memusuhi mereka. Sikap permusuhan ini kadang kala dibumbui ancaman kekerasan bagi fisik dan jiwa mereka, sebagaimana serigala yang siap menerkam mangsanya.

 

 

 

Hal kedua adalah masih banyaknya perampokan yang sekaligus mengancam jiwa para murid. Hal inilah yang ditekankan oleh Tuhan Yesus ketika Ia mengatakan agar para murid tidak membawa bekal apapun juga, sebab hal itu dapat mengundang perhatian untuk dirampok. Keberanian berangkat tanpa bekal juga untuk menguji iman dan kesiapan berkorban bahkan menderita apabila kondisi buruk datang yakni tidak mendapatkan makanan dan minuman. Ini sekaligus menguji kemampuan para murid dalam melakukan pendekatan terhadap umat yang dikunjunginya. Hal ini juga akan menjadikan mereka orang yang rendah hati dan secara otomatis membuat mereka lebih mudah diterima orang lain. Kegagalan dalam pendekatan untuk diterima sebagai utusan Tuhan, secara otomatis akan menggagalkan menyampaikan pesan keselamatan yang akan ditawarkan kepada yang mereka kunjungi. Memang menghadapi orang yang tidak bersahabat, kita harus dengan kasih, kelembutan, dan komitmen yang tulus dan kuat.

 

 

 

Saat ini demikian juga yang kita hadapi di negara kita tercinta ini. Ketika kita ingin melakukan pekabaran Injil ke beberapa wilayah, sikap beberapa wilayah sangat tidak bersahabat bahkan kadang ingin berbuat kekerasan. Mereka seolah menjadi masyarakat yang tertutup, meski di lain sisi mereka juga melakukan hal yang sama ke wilayah yang banyak umat Kristennya, dan kita tidak pernah menghalanginya. Pandangan doktrin teologi kita memang harus bersikap seperti itu, tidak memperbolehkan sikap tertutup apalagi mengancam dengan kekerasan. Tetapi kita tidak perlu kecil hati untuk itu atau membuat hati kita ciut. Kita justru harus bangga dan bersyukur pada Tuhan Yesus karena diberi pemikiran dan sikap seperti itu. Motivasi kita harus sama dengan motivasi pengikut Kristus di awal abad pertama hingga abad keempat pada masa zaman kekaisaran Romawi, ketika umat Kristen masih harus bersaksi sembunyi-sembunyi dan seringkali dihukum berat. Namun, Allah sumber segala hikmat dan kuasa memberi kesempatan umat Kristen menjadi pemenang, tatkala Kaisar Konstantinus Agung sepenuhnya melegalisir Kekristenan menjadi agama negara. Puji Tuhan, kita memang harus menjadi pemenang karena Tuhan kita Yesus adalah dahsyat. Itulah yang kita yakini dan sikapi saat ini sehingga kita tetap harus bersemangat dan bertindak.

 

 

 

Ketiga: memberi salam dan sikap sukacita (ayat 5-11,16)

 

Tuhan Yesus memberi nasihat kepada para murid agar mereka jangan memberi salam kepada (sembarang) orang dalam perjalanan. Memang dalam budaya Timur Tengah waktu itu, memberi salam seolah ingin mengundang pembicaraan, padahal itu mungkin tidak perlu dan bahkan dapat menghabiskan waktu. Hal ini juga dilatarbelakangi agar terhindar dari timbulnya kesalahpahaman, sekaligus memperlihatkan agar mereka bersikap hati-hati. Dalam nats ini yang ditekankan sasaran mereka dalam pemberitaan kerajaan Allah adalah penghuni rumah-rumah dan bukan orang di jalanan. Dari penghuni rumah-rumah kemudian mereka beranjak ke kota-kota sebagai sasarannya. Inilah fokus tujuan utama mereka.

 

 

 

Namun, untuk sasaran yang dituju yakni ke rumah-rumah, sebagaimana dikatakan Tuhan Yesus, mereka harus memberi salam damai sejahtera (syalom). Pembuka pembicaraan dengan salam damai tentu lebih menyenangkan bagi tuan rumah, karena hal itu merupakan doa berkat bagi mereka. Kita diminta selalu bersikap bersahabat dan menjadi berkat, agar memudahkan dalam pembicaraan yang akrab dan kekeluargaan. Hal itu harus tampak dari sikap tubuh dan intonasi bahasa yang dipakai, serta dari wajah kita yang mesti mudah tersenyum. Tetapi kita juga harus terhindar dari pembicaraan yang  berpanjang-panjang, basa-basi yang tidak relevan. Demikian juga dalam memasuki kota-kota, sikap yang sama harus diperlihatkan. Sikap orang Kristen haruslah selalu dalam sukacita menerima apapun respon mereka.

 

 

 

Mengingat sikap orang yang mungkin timbul bisa saja tidak bersahabat atau bermusuhan, dalam kitab Matius 10 dinyatakan agar dalam penginjilan kita cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati, serta harus waspada terhadap semua orang (Mat. 10:16-17). Kita jangan seperti pengemis yang berpindah dari satu rumah ke rumah orang lain, dan mampu melihat yang terbaik rumah atau kota mana yang layak menerima dengan sukacita. Kalau kita diterima oleh sebuah rumah, maka sebaiknya menetap di rumah itu dan jangan berpindah-pindah rumah yang dapat menimbulkan tanda tanya dan kecurigaan bagi orang lain. Kita harus bersikap sama baik diterima atau ditolak, dan itu adalah hal yang lumrah. Hasil penginjilan adalah pekerjaan Allah, yang utama adalah kita setia menyampaikan keselamatan yang sudah kita terima dan ingin membagikannya dengan orang lain, meski ada baiknya kita juga mengingatkan akan konsekuensi murka Allah apabila mereka menolaknya.

 

 

 

Keempat: iblis harus ditaklukkan (ayat 17-19)

 

Tuhan Yesus berkata Ia melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. Yesus mungkin sudah melihat lebih awal kemenangan-Nya di kayu salib (band. Yoh. 12:31-32). Tetapi Ia juga sudah membayangkan bahwa apabila para murid bekerja dengan keras dan setia, maka kekalahan setan akan tampak, sebab prinsipnya Yesus memperlengkapi kuasa untuk melawannya. Memang melawan iblis dalam pekerjaan penginjilan adalah tugas yang paling berat. Iblis dapat bekerja melalui diri kita secara langsung dengan melemahkan pikiran kita, tetapi iblis dapat juga bekerja melalui pihak lain yang merupakan sasaran kita.

 

 

 

Meski iblis itu memiliki kuasa, dan kita memiliki kelemahan dan kekurangan, hal itu tidak membuat kita ciut. Pegangan dasar kita dalam melakukan penginjilan bukan didasarkan pada kemampuan kita yang terbatas, melainkan pada kuasa yang dahsyat dari Tuhan Yesus yang tidak terbatas, itulah yang menjadi pegangan kita. Sebagaimana disebutkan dalam nats ini, kuasa itu diberikan kepada mereka dan kita yang bersedia memberitakan injil agar kita dimampukan melawan dan mengalahkan iblis (band. Mrk. 16:17-18). Bahkan dalam ayat 2 nats ini juga semua orang percaya diminta, apapun pekerjaan atau profesinya, untuk terus menerus mendoakan para penuai ini, yang secara otomatis memberi kekuatan tambahan bagi mereka.

 

 

 

Kuasa iblis yang digambarkan berwujud ular dan kalajengking adalah istilah untuk kekuatan yang paling berbahaya dari musuh rohani. Semua itu merupakan kekuatan lawan yang harus diinjak dan ditaklukkan. Salah satu gambaran yang diberikan adalah penyakit yang bersumber dari iblis harus disembuhkan dengan kuasa dari Tuhan Yesus, sehingga tidak lagi membahayakan pelayanan mereka. Kemampuan untuk menyembuhkan penyakit yang bersumber dari iblis, merupakan kesaksian yang ampuh bagi penginjil untuk lebih meyakinkan mereka akan kuasa Tuhan Yesus. Dengan demikian, mereka lebih efektip memberitakan Kerajaan Allah dan sekaligus menyembuhkan orang sakit.

 

 

 

Hal yang lebih penting lainnya adalah, keberhasilan para murid memberikan antusiasme pada mereka. Mereka melaporkan pada Yesus penuh semangat akan takluknya iblis. Akan tetapi Tuhan Yesus memperingatkan para murid bahwa mereka jangan bersukacita karena keberhasilan mengalahkan kuasa iblis, melainkan karena mereka telah terpilih dan nama mereka ada tercatat di sorga. Demikian juga kepada kita semua, keberhasilan pelayanan bukanlah sebagai sumber pokok sukacita kita, melainkan harus lebih kepada rasa syukur kita telah dibebaskan dari dosa dan nama kita ada terdaftar di sorga (band. Ibr 12:23; Why 22:19). Kehormatan ini jelas melebihi dari segala hasil yang dicapai dan kita tidak tertipu oleh kebanggaan duniawi yang bersifat sementara.

 

 

 

Kesimpulan

 

Dalam minggu ini kita diingatkan kembali tentang pentingnya penginjilan, khususnya pengiriman tenaga-tenaga penginjil ke luar kelompok kita. Penginjilan melalui perbuatan baik memang diperlukan, akan tetapi pekabaran Injil melalui pengutusan merupakan keharusan. Tuaian begitu banyak dan pekerja sedikit. Dalam menuai itu memang kadang kala kita dihadapkan pada serigala, namun Tuhan Yesus melengkapi kita dengan kuasa untuk menaklukkannya. Sikap rendah hati dengan memberi salam serta sukacita haruslah menjadi ciri khas umat percaya, dan sukacita kita yang terbesar adalah kita sudah diselamatkan dan nama kita tercatat di dalam buku kehidupan.

 

 

 

Tuhan Yesus memberkati. Amin

 

 

 

Pdt. Em. Ramles M. Silalahi

 

 

 

Khotbah Minggu 26 Juni 2022

 

Khotbah Minggu Ketiga Setelah Pentakosta Tahun 2022

 

 

HARGA MENGIKUT YESUS (Luk. 9:51-62)

 

 

Bacaan lainnya menurut Leksionari: 2 Raj. 2:1-2, 6-14; Mzm. 16; Gal. 5:1, 13-25

 

 

Pendahuluan

 

Pada minggu ini bacaan kita tentang perjalanan Tuhan Yesus beserta murid-murid-Nya yang akan pergi ke Yerusalem sebab saat Yesus dimuliakan dan ditinggikan sudah hamper tiba. Mereka berniat untuk melintasi wilayah Samaria sebab rutenya akan lebih dekat. Namun sikap permusuhan yang selama ini terjadi antara orang Yahudi dan orang Samaria membuat rombongan Tuhan Yesus tidak diperkenankan untuk melewati wilayah itu, sehingga timbul respon dari beberapa murid. Dari nats tersebut kita mempelajari beberapa hal dalam kehidupan ini sebagai berikut.

 

 

Pertama: dendam kesumat lama (ayat 51-53)

 

Suku Samaria sering disebut sebagai Setengah Yahudi sebab mereka merupakan campuran antara orang Yahudi dengan bangsa Assyria. Hal ini berawal ketika kerajaan Assyria mengalahkan kerajaan Israel Utara pada tahun 721 sM dan rajanya menempatkan serdadu-serdadu mereka di Palestina (2Raj. 17:24-41). Pergaulan yang terjadi membuat mereka saling kawin dan juga sekaligus merubah kebiasaan termasuk ritual agamanya. Bagi orang Samaria yang sudah tercampur, Yerusalem bukan lagi menjadi pusat ibadah, melainkan mereka lebih menyukai gunung Garizim sebagai tempat pemujaan dan pemberian persembahan kurban-kurban. Maka bagi orang Yahudi, suku ini dipandang tidak murni lagi dan murtad sehingga membenci mereka. Sebaliknya, suku Samaria karena sikap dan perbedaan itu juga tidak menyukai orang Yahudi dan membuat kedua suku ini menjadi bermusuhan.

 

 

Orang Yahudi dari Galilea apabila ingin melakukan perjalanan menuju Yerusalem atau wilayah Yudea selatan termasuk dalam melakukan ziarah, sebenarnya bisa langsung melalui wilayah Samaria ini. Oleh karena sikap bermusuhan tadi, maka orang Yahudi biasanya menghindar dan berjalan memutar ke utara terlebih dahulu sehingga jarak yang ditempuh lebih jauh. Akan tetapi Yesus berpikiran berbeda, Ia berusaha mendekatkan diri pada mereka, sebagaimana kisah Yesus beristirahat di tepi sumur dan berdialog dengan perempuan Samaria (Yoh. 4:1-26). Oleh sebab itu ketika hendak kembali ke Yerusalem, Yesus mengirimkan utusan untuk menanyakan apakah mereka boleh melewati wilayah tersebut, namun sambutan orang Samaria ini tertutup dan tidak bersahabat.

 

 

Pelajaran pertama yang dapat kita ambil dari kisah ini adalah tidak ada gunanya membuat permusuhan, sebab buah permusuhan selalu merugikan dan tidak pernah menguntungkan. Sikap bermusuhan ini karena adanya dendam yang bersemayan di hati, padahal dendam itu hanya merupakan beban kepahitan yang merusak diri sendiri. Bermusuhan terhadap orang yang "jahat" sekalipun pasti merugikan, apalagi bermusuhan terhadap orang-orang baik, maka itu akan lebih merugikan lagi. Sikap bermusuhan akan menutup dialog dan interaksi, sekaligus tidak dapat mengembangkan peluang adanya kerjasama atau sinergi. Padahal, sinergi hanya bisa terjadi apabila ada kesatuan dan kesejajaran, sehingga untuk membangun sinergi semua pihak harus mengutamakan sikap terbuka dan kebersamaan dan bukan egoisme. Tuhan Yesus mengajarkan agar kita tetap rendah hati dan mengasihi musuh yang membenci kita dan dengan demikian maka tujuan kita untuk menyampaikan kabar baik dari Tuhan Yesus akan tercapai.

 

 

Kedua: penghakiman dan penghukuman hak Tuhan (ayat 54-56)

 

Dalam ayat sebelumnya diceritakan bagaimana sikap kita apabila suatu rumah atau kota tidak menerima kita dengan ramah dan baik, maka sebagai pemberita Injil  kita diajarkan agar keluar dari kota itu dan mengkebaskan debu dari kaki kita sebagai peringatan terhadap mereka (Luk. 9:4-5). Artinya, kita tidak perlu memaksa atau beradu argumentasi akan maksud baik kita dalam mengunjungi mereka. Demikianlah yang terjadi pada rombongan Tuhan Yesus, suku Samaria tidak bersedia memberikan izin kepada mereka untuk melintasi wilayah tersebut dalam tujuan mereka menuju Yerusalem. Penolakan ini membuat reaksi keras pada murid-murid Tuhan Yesus.

 

 

Rasul Yohanes dan Yakobus rupanya belum memahami perkataan Tuhan Yesus tersebut, sehingga mereka berdua berpikir lain dan ingin menghukum penduduk Samaria dengan cara menurunkan api dari langit untuk membinasakan mereka. Yohanes dan Yakobus terpengaruh akan perbincangan sebelumnya (ayat 8, 19 dan 30), bahwa Yesus itu sama dengan Elia, sebagaimana Elia pernah melakukannya pada pelayan raja yang jahat (2Raj. 1). Yakobus dan Yohanes merasa tersinggung dengan menganggap penolakan itu merupakan penghinaan terhadap Tuhan Yesus. Kedua murid ini merasa sombong dan berpikir seharusnya Tuhan Yesus harus diperlakukan dengan hormat dan tidak perlu melarang mereka melintasi wilayah Samaria tersebut dan ingin langsung menghukum orang Samaria tersebut.

 

 

Ini cara berpikir yang salah, yakni kita yang menjadi hakim dan pelaksana hukuman. Semangat dan hasrat yang berkobar-kobar serta kesetiaan pada Kristus tidak perlu menjadikan kita pelaku tindak kekerasan pada orang yang hidup di dalam dendam dan kegelapan. Kita harus mengendalikan roh mana yang menguasai diri kita sehingga tidak terjerembab dalam dosa dan akibatnya tujuan mulia yang kita emban malah tidak akan tercapai. Kita dipanggil bukan untuk membinasakan orang, melainkan untuk menyelamatkan mereka. Firman Tuhan mengatakan biarlah penghakiman dan penghukuman itu menjadi milik dan hak Allah (Rm. 12:19; Ibr. 10:30; Ul. 32:35-36) dan Allah tidak pernah memberi kuasa atau wewenang kepada kita untuk melakukan hal itu.

 

 

Ketiga: jangan mencari alasan untuk tidak mengikut Dia (ayat 57-61)

 

Dengan banyak melakukan kebaikan kasih dan mukjizat, maka semakin banyak orang yang ingin mengikuti Tuhan Yesus, meski dengan motivasi yang beragam. Ada yang terpanggil memang untuk melayani dan siap berkorban meninggalkan segala kehidupan lamanya, namun tidak sedikit yang ingin untuk kepentingan diri sendiri seperti penonjolan diri, kehebatan, keuntungan atau kesombongan. Tuhan Yesus mengetahui motivasi mereka ini, sehingga  hal yang diungkapkan oleh-Nya adalah akan kemiskinan-Nya atas harta benda duniawi, dan Ia mengatakan yang sebenarnya kepada seseorang yang ingin mengikut Dia, "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." Yesus secara tidak langsung mengungkan bahkan orang Samaria juga menolak kehadiran-Nya.

 

 

Tetapi kepada orang lain Yesus mengajak agar dia mengikut Dia, orang tersebut bersedia namun dengan syarat, agar ia bisa pulang terlebih dahulu untuk menguburkan ayahnya. Respon Tuhan Yesus cukup keras dengan mengatakan, "Biarlah orang mati menguburkan orang mati." Dalam hal ini kita perlu hati-hati menafsiran ucapan Tuhan Yesus ini. Tafsiran pertama mengatakan tidak jelas persis apakah memang ayah orang ini benar-benar sudah meninggal atau dalam keadaan sakit kritis, sehingga ia hanya berdalih saja. Tafsiran kedua mengatakan bahwa pengertian orang mati dalam hal ini adalah mereka yang mati rohani, yang tidak merasa terpanggil untuk mengikut Dia, maka biarlah orang yang mati rohani juga mengurusnya. Tafsiran lainnya menyebutkan mungkin ayahnya memang sudah meninggal dan ia hanya ingin melakukan tugasnya sebagai anak untuk menguburkannya. Tetapi Yesus bukan berarti mengajarkan agar kita mengabaikan tanggungjawab kepada keluarga, melainkan Ia menyadari sering kali orang melepaskan tanggungjawab melayani dan mengabarkan Injil atau perbuatan kasih hanya dengan alasan keluarga.

 

 

Tuhan Yesus menekankan bahwa mereka yang siap mengikut Dia haruslah memiliki respon cepat dalam sikap dan tindakan, tidak ragu-ragu dan memberi alasan-alasan tertentu yang tidak benar dan prinsip. Tuhan Yesus dengan segala kebenaran dan panggilan-Nya haruslah ditempatkan pada prioritas yang utama dan kita harus bersedia membayar harga untuk itu, termasuk mengorbankan kepentingan keluarga. Yesus mengatakan demikian kepada orang ini sebab Ia tahu bahwa orang ini hanya mencari-cari alasan agar terhindar dari panggilan untuk melayani Dia dan memberitakan kerajaan Allah. Mengikut Yesus berarti menyadari konsekuensi dan harga yang harus kita bayar dan kita harus siap dengan hal itu. Itulah pelajaran ketiga yang diberikan kepada kita.

 

 

Keempat: jangan melihat ke belakang (ayat 51 dan 62)

 

Pada ayat 51 disebutkan Yesus pergi ke Yerusalem, meski Ia tahu akan penderitaan dan kematian yang menantinya. Yesus menatap terus ke depan akan tanggungjawab dari Bapa yang diemban-Nya. Kita seharusnya juga demikian, panggilan Tuhan kepada kita untuk melayani harus kita sikapi dan bersedia membayarnya dengan rasa sakit dan penderitaan, bukan menghindari atau menyurutkannya. Kalau kita menginginkan mahkota maka kita harus siap dengan memikul salib sekaligus. No gain without pain. Kalau kita berhitung untung dan buahnya saja tanpa bersedia membayar dan menanggung resiko, maka akan mudah terjadi penyesalan dan kita kembali melihat ke belakang.

 

 

Tuhan Yesus memberi perumpamaan dengan menyebut, "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah", maksudnya agar kita selalu menatap ke depan. Seorang yang membajak tanah apabila menoleh ke belakang maka hasil bajakannya pasti akan bengkok-bengkok dan sangat sulit untuk ditanami maksimal. Apabila kita fokus pada arah, maka tidak akan mudah pihak lain untuk menarik kita dari tujuan yang ingin kita capai.

 

 

Inilah harga yang diminta oleh Yesus dari kita yakni komitmen total dan bukan setengah hati. Jangan mudah sebentar-sebentar melihat ke belakang dan berpikir mengapa kita mengambil jalan yang sekarang ini. Kita jangan memilih jalan salib yang kita sukai saja, dan menghindar dari jalan susah dan tidak senangi. Kita harus memiliki prinsip sebagaimana Rasul Paulus nyatakan, "berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus." Rasul Paulus melupakan yang ada di belakangnya yang dahulu dianggap keuntungan, tetapi sekarang dianggap rugi karena telah mendapatkan Kristus" (Flp. 3:7-14).

 

 

Kesimpulan

 

Minggu ini kita diberkati dengan firman Tuhan yang mengajarkan betapa tidak bermanfaatnya permusuhan dan memelihara dendam. Semua itu akan merugikan. Demikian juga dalam sikap kita yang berbeda dengan orang lain, kita tidak diberi hak untuk menghakimi apalagi untuk menghukum, sebab itu adalah hak dan milik Allah. Yang paling utama adalah kita diminta untuk berkomitmen penuh dan total dalam melayani Dia dan jangan melihat ke belakang dalam pengertian seolah-olah terjadi penyesalan. Sebab dengan sikap menerima salib demikianlah kita tahu harga yang harus kita bayar untuk mengikuti Dia sebelum kita menerima mahkota dari-Nya.

 

 

Tuhan Yesus memberkati, amin.

Kabar dari Bukit Minggu 26 Juni 2022

 

Kabar dari Bukit

 

 JABATAN DAN PELAYANAN (2Raj. 2:1-14)

 

 

“Anakku…, jadilah engkau seperti emas, sebab bila ada pun yang melontarkanmu ke lumpur atau selokan, engkau tetaplah emas”

 

 

 

Syalom....

 

Itulah pesan ayah saya sebelum saya berangkat sekolah ke Bandung. Dan saya berusaha tetap memegangnya. Sebab jika itu bekal dasar, maka kita tidak takut lagi menghadapi jalannya kehidupan. Kita akan berusaha terus untuk menjadi berkat emas berharga bagi banyak orang dan sekaligus melayani Tuhan. Memang tidak sempurna, tapi upaya menjadi lebih baik tetaplah dilakukan.

 

 

Jabatan dan pelayanan adalah tema firman Tuhan bagi kita di hari Minggu yang berbahagia ini, yakni dari 2Raj. 2:1-14. Kisahnya tentang nabi Elia yang akan terangkat ke sorga, dan penggantinya nabi Elisa telah ditunjuk (ay. 3, 5). Namun ada kekhawatiran nabi Elisa, apakah dia akan mampu seperti Elia? Elia telah membuktikan kuasanya dengan memukulkan jubahnya ke atas air sungai Yordan, dan air itu terbelah sehingga mereka dapat melewatinya. Elisa kemudian meminta khusus, agar Elia mau memberikan dua bagian dari "kuasa" yang dimilikinya (ay. 9).

 

 

Elia dengan penuh hikmat berkata: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi” (ay. 9-10). Elia tahu bahwa kuasa yang dimilikinya berasal dari Tuhan dan hanya DIA yang berhak memberi. Tapi Elia memberi tanda, jika Elisa melihat ia terangkat ke sorga, maka kuasa itu akan ada padanya. Dan puji Tuhan, suksesi dan pelayanan berjalan baik.

 

 

Rasa takut di awal pasti ada ketika hendak memegang jabatan, sebagaimana Elisa ingin ada kepastian memiliki kuasa yang sama dengan Elia. Untuk itu Elisa tetap setia mengikuti Elia kemana pun ia pergi hingga melihat Elia terangkat ke sorga. Dan akhirnya kuasa yang sama diberikan Tuhan kepada Elisa, ia dapat membelah sungai Yordan (ay. 14). Elisa pun dapat merasakan kedahsyatan Allah yang dia sembah dan layani.

 

 

Jabatan adalah sesuatu yang dibuat manusia dalam organisasi untuk tempat mengabdi dan melayani. Oleh karena itu, kita senang melihat orang ingin memiliki jabatan. Mungkin agar ia lebih optimal dalam melayani. Tetapi hati kita miris jika melihat suksesi dan pelayanan seperti bergelut jabatan. Ada yang ingin tetap mempertahankan, ada yang membuat jabatan dengan membentuk organisasi baru. Malah ada yang menghalalkan segala cara demi meraih jabatan: sikut kiri kanan, meninggalkan teman, menyebar info bohong, dan sebagainya.

 

 

Firman Tuhan minggu ini mengajarkan kita hal penting tentang jabatan dan pelayanan, dengan meneladani Elisa. Pertama, Elisa setia dengan terus mengikuti Elia. Kedua, Elisa terus meningkatkan kemampuan dirinya. Ia semangat ingin belajar dan tidak membiarkan dirinya tanpa persiapan. Ketiga, mendapat dukungan dari kelompoknya, sebagaimana Elisa memperolehnya dari nabi-nabi yang lain (ay. 5-6).

 

 

Seperti pesan ayah saya di atas, keberhasilan menjalani kehidupan menjadi emas dibentuk oleh empat faktor: kemauan, kemampuan, karakter, dan kesempatan. Kemauan untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dan lebih baik, didasari motivasi yang tulus dan siap melayani sesama dan Tuhan; kemampuan juga terus diasah dan dikembangkan. Karakter sangat menentukan, menjadi orang yang selalu berpikir positip dan penuh kasih dan pengampunan. Dan terakhir, kesempatan selalu Tuhan yang memberi, dan jalan Tuhan mestinya penuh damai.

 

 

Saudaraku, jika saat ini telah memiliki atau rindu akan jabatan, atau tidak memegang jabatan dan rindu melayani, ujilah dan belajarlah dari nabi Elisa. Jangan sampai peran yang dipegang bukan lagi sebagai berkat dan teladan bagi banyak orang. Dan tetaplah percaya, sepanjang motivasi memang baik dan dijalankan penuh kasih, Tuhan akan membuka jalan untuk kita dapat melayani lebih baik dan menyenangkan hati-Nya.

 

 

Selamat hari Minggu dan selamat beribadah.

 

 

Tuhan Yesus memberkati, amin.

Kabar dari Bukit Minggu 19 Juni 2022

 

Kabar dari Bukit

 

 

WARISAN DAN BERKAT (1Raj. 1:1-15a)

 

 

Syalom....

 

Bagi orang Batak (dan juga suku lain), tidak jarang masalah warisan menjadi sumber pertikaian, bahkan berujung kekerasan, kasus hukum, atau putus hubungan. Pemicu biasanya dasar pembagiannya. Ada yang ingin mengacu kepada hukum adat; yang tiap daerah bisa berbeda. Misalnya, ada hak atas rumah utama adalah bagi anak sulung, tapi ada daerah lain untuk yang bungsu. Ada juga penyebabnya perbedaan gender; berpendapat, anak perempuan tidak berhak sama sekali. Alasannya, mereka telah "dijual" kepada marga lain, jadi hak mereka dari suaminya. Tetapi hanya sedikit yang melihat, warisan orang tua adalah berkat bagi semua.

 

 

Persoalan senada di tengah bangsa kita saat ini, ada pada partai-partai politik, yang dituduh membangun oligarki. Anak-anak pendiri seolah menjadi pemilik takhta. Ini juga sering terjadi di kehidupan gereja - yang umumnya kharismatik. Padahal, jelas sekali, partai dibangun untuk kemajuan bangsa dan negara, dan gereja dibangun untuk kemuliaan Tuhan.

 

 

Itulah tema pokok Firman Tuhan bagi kita di hari minggu ini, dari 1Raj. 1:1-15a. Judul perikopnya: Hari tua Daud dan soal penggantinya. Daud berusia sekitar 70 tahun, lemah, tua dan sakit-sakitan. Untuk itu perlu disiapkan pengganti. Adonia, merasa dia paling layak naik menjadi raja, pewaris utama, setelah putra Daud lainnya Ammon dan Absalom terbunuh (2Sam. 13:23-29; 18:14-17).

 

 

Adonia memang memiliki garis keturunan terdekat untuk menjadi putra mahkota, sebab Salomo adalah anak bungsu Daud. Namun, nabi Natan dan para pahlawan yang selalu mendukung raja Daud, tidak tinggal diam. Adonia dianggap kurang terdidik, bahaya, penuh ambisi. Natan bersama Batsyeba kemudian mengingatkan raja Daud tentang janjinya, bahwa Salomo yang akan menjadi pewarisnya (1Raj. 1:15-30). Daud dan Natan memilih Salomo, sebab terlihat tanda-tanda Salomo sangat dikasihi Allah (2Sam. 12:24-25). Dengan campur tangan Natan hamba-Nya, Adonia gagal naik takhta; Salomo pun menjadi raja.

 

 

Kembali ke soal warisan orang tua, maka pembagian sebaiknya disikapi bijak berhikmat. Jangan terlalu mengutamakan satu sisi, misalnya hukum adat atau hukum positif. Apalagi, ingin menang sendiri. Sebaiknya gunakanlah hukum kasih, yang tidak membedakan gender, melainkan menekankan keadilan, dan utamanya menolong yang berkekurangan dan mencapai keseimbangan (2Kor. 8:13-14). Warisan adalah bonus dan anugerah, bukan hak atas jerih payah. Sama seperti keselamatan, sehingga tidak ada yang boleh bermegah kecuali atas kebaikan Tuhan semata (1Kor. 1:31).

 

 

Warisan akan lebih baik, jika orang tua sendiri yang mempersiapkannya; dengan surat wasiat dan bila perlu berakte notaris. Janganlah pergi tanpa pesan. Tetapi bila dari orang tua kadung tidak ada, maka berundinglah sesama saudara dalam kasih. Jangan bergelut, apalagi bertikai di pengadilan dengan marah memutus hubungan. Takutlah akan dosa. Sumber berkat adalah Tuhan kita.

 

 

Jika masih ada masalah, mari kita lihat pesan nas minggu ini, peran Nabi Natan yang mengembalikan situasi ke yang sebenarnya. Daud mengikuti nasihat Natan. Dan memang, hasilnya lebih baik. Salomo menjadi raja pengganti, kerajaan Israel kokoh tetap jaya, meski akhirnya terpecah dua. Maka carilah hikmat dan damai termasuk melalui hamba-hamba-Nya.

 

 

Tuhan Yesus memberkati, amin.

Khotbah

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Renungan

Pengunjung Online

We have 263 guests and no members online

Statistik Pengunjung

8563560
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Keseluruhan
1608
73300
74908
8223859
714845
883577
8563560

IP Anda: 172.70.93.26
2024-12-16 02:40

Login Form