Sunday, December 15, 2024

Khotbah Minggu III Paskah 1 Mei 2022

 

 Khotbah Minggu Ketiga Paskah

 

 GEMBALAKANLAH DOMBA-DOMBAKU (Yoh 21:15-19)

 

 

Bacaan lainnya menurut Leksionari: Kis 9:1-6, (7-20); Mzm 30; Why 5:11-14

 

 

Pendahuluan
Nats minggu ini merupakan pasal terakhir dari kitab Yohanes yang menceritakan pelayanan Tuhan Yesus sebelum naik ke sorga (band. Mat 28:9). Tuhan Yesus sendiri telah memperlihatkan diri-Nya sebanyak sepuluh kali, mulai dari Maria dan wanita lainnya hingga kepada banyak orang ketika Ia naik ke sorga.

 

Bacaan kita minggu ini tentang percakapan terakhir Yesus dengan Petrus ketika murid-murid sedang mencari ikan di pantai. Petrus memperlihatkan sikap hormat dan kasihnya kepada Yesus, ketika melihat Yesus datang menemuinya, ia lari tergopoh-gopoh sambil mengenakan bajunya untuk menemui Yesus. Dari bacaan ini, kita diberi hikmat dan pelajaran sebagai berikut.

 

 

Pertama: pertanyaan pertama kepada Petrus (ayat 15)

 

Petrus dan murid-murid lainnya kembali menangkap ikan bukan berarti mereka telah melupakan komitmen untuk mengikuti Dia. Kita harus memahami situasi psikologis para murid pada saat itu, sebab mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah Yesus bangkit, dan Yesus sendiri sering hadir dengan tubuh kemuliaan-Nya. Kemungkinan besar para murid belum mendapat petunjuk langkah lanjut dan karena itulah mereka pergi mencari ikan sebagaimana profesi sebelumnya, mereka kembali harus mencari nafkah untuk diri mereka dan keluarga.

 

 

Setelah Petrus menemui-Nya dan sarapan bersama, Yesus bertanya kepadanya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Pengertian "mereka" dalam pertanyaan Yesus ini dapat mengacu kepada dua hal: Pertama, "mereka" dalam arti "perahu dan ikan hasil tangkapan" yang banyak itu. Dalam hal ini Tuhan Yesus ingin menguji, apakah Petrus lebih mengasihi pekerjaan dengan hasilnya dan harta benda perahu tersebut, dibanding kebersamaan dengan Tuhan Yesus selama tiga tahun lebih? Kedua, pengertian "mereka" adalah "murid- murid lainnya", yakni apakah Petrus lebih mengasihi teman-teman murid lainnya dibanding dengan Yesus, karena Petrus sudah langsung pergi bersama mereka untuk mencari ikan, sementara Petrus telah meninggalkan itu semua kala bertemu Tuhan Yesus pertama kalinya.

 

 

Kalau disimak inti pertanyaan Tuhan Yesus, maka sebenarnya itu adalah pertanyaan untuk kita semua orang percaya: apakah kita mengasihi-Nya? Bagaimana wujud kasih kita itu kepada-Nya? Tidak dapat disangkal, kita sudah menerima anugerah-Nya berupa kehidupan, berkat dan pengampunan, maka sewajarnya kita mengasihi Yesus, dan kasih itu hanya dapat dilihat dari semangat dan wujud pengabdian kepada-Nya (Yoh 14:15; 16:27; Mat 10:37; 1Kor 16:22; Gal 5:6; Ef 6:24; 1Pet 1:8). Mendengar jawaban Petrus bahwa ia mengasihi Yesus, maka Yesus berkata: gembalakanlah domba-domba-Ku.

 

 

Kedua: pertanyaan kedua kepada Petrus (ayat 16)

 

Tuhan Yesus bertanya kedua kali, apakah Petrus mengasihi Yesus? Tampaknya Yesus tidak sekedar ingin adanya kasih yang dimiliki oleh Petrus kepada-Nya, melainkan kualitas dan kedalaman dari kasih itu sendiri. Pada pertanyaan pertama dan kedua ini kepada Petrus, Tuhan Yesus menggunakan kata kasih dengan agape. Di sini lebih ditekankan mengenai dasar dari kasih, pengabdian dalam pengertian kehendak dan kesediaan untuk berkorban. Dalam pertanyaan kedua ini, Tuhan Yesus bertanya tentang kasih yang bermuara pada diri Petrus, yakni motivasi apakah untuk kepentingan dan penonjolan pada diri sendiri, sebab ada kasih yang mengharapkan imbalan dan rawan terhadap godaan.

 

 

Tuhan Yesus mengetahui isi "kepala" rasul Petrus, sebab pengalaman Yesus, Petrus pernah melontarkan kesombongannya dengan mengatakan, "Biarpun mereka (maksudnya murid-murid lain) semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak" (Mat 26:33). Artinya, Petrus ingin menyombongkan diri dan "mencari pujian" dari Yesus bahwa ia adalah yang terhebat (band. Yoh 13:8 dan Yoh 18:10-11). Padahal, kenyataan tidak lama setelah itu, Petrus malah menyangkal bahwa ia mengenal dan pengikut Tuhan Yesus.

 

 

Dengan demikian, Yesus tidak ingin motivasi seperti itu ada pada Petrus. Kasih yang dimaksudkan oleh Yesus adalah kasih yang siap berkorban, tidak hanya dalam pengertian "melayani", tetapi pengorbanan yang lebih kuat, serta tidak menyangkal dan lari dari tanggungjawab. Dalam hal ini Yesus menekankan kualitas atau tingkatan dari kasih yang lebih dalam, yakni melayani dan berkorban. Kesiapan untuk berkorban dan menghapus kepentingan diri sendiri, merupakan bukti dari kasih yang dimaksud Tuhan Yesus dalam pertanyaan kedua ini. Tuhan Yesus melalui pertanyaannya ingin mengingatkan Petrus, dalam tugas penggembalaan yang dimaksudkan, Petrus harus menempatkan domba-domba sebagai hal yang utama, dan untuk itu Petrus tidak boleh mengandalkan kemampuan diri sendiri, melainkan kuasa dan perintah dari Dia.

 

 

Keutamaan dari pelayanan bukanlah pada diri kita dan kehebatannya, melainkan pada domba-domba atau umat percaya yang harus kita gembalakan. Mereka membutuhkan perhatian, perlindungan, pemeliharaan, dan pemberian makanan rohani untuk kepentingan umat gembalaan tadi. Gembala harus siap berkorban bagi domba-domba gembalaannya, sebagaimana Gembala Agung kita Tuhan Yesus, telah berkorban hingga memberikan nyawa-Nya bagi kita domba-domba-Nya. Inilah yang diminta dari Petrus, sehingga Tuhan Yesus kembali mengatakan, "Gembalakanlah domba-domba-Ku". Puji Tuhan, jawaban Petrus juga meyakinkan, "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau."

 

 

Ketiga: pertanyaan ketiga kalinya kepada Petrus (ayat 17)

 

Ternyata, Tuhan Yesus masih bertanya sekali lagi kepada Petrus dengan pertanyaan yang sama. Kemungkinan besar Tuhan Yesus bertanya tiga kali ada hubungannya dengan penyangkalan Petrus tiga kali, meski hal itu tidak pasti. Hanya kali ini dalam pertanyaannya, Tuhan Yesus mengganti kata mengasihi yang dalam bahasa Yunani lebih "personal", yakni phileo, bukan agape. Phileo lebih berarti kepada kasih sayang dan perhatian dalam persaudaraan. Melalui kata phileo ini Yesus ingin mengetahui bahwa kasih Petrus jangan hanya dari pikiran, kesediaan berkorban, tetapi juga dari hati, kasih yang timbul dari hubungan pribadi. Dalam perkataan lain, pertanyaan Tuhan Yesus sebetulnya menjadi: apakah kamu memang sahabat-Ku?

 

 

Tuhan Yesus bertanya tiga kali baik juga kita lihat karena Yesus sudah memiliki misi yang sangat khusus kepada Petrus. Hal ini dimungkinkan karena Tuhan Yesus pernah berkata kepada Petrus, "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya" (Mat 16:18). Ahli teologi sendiri memang belum sepakat tentang pengertian "batu karang" dalam kalimat Yesus, apakah yang dimaksud dengan batu karang atau kekohohan sebagai batu bangunan, atau batu karang dalam pengertian pribadi Petrus? Hal ini membuka penafsiran bahwa kerasulan Petrus lebih ditekankan pada pembangunan jemaat, sementara kerasulan Paulus lebih kepada pemberitaan Injil. Memang kita tidak perlu menekankan siapa mereka yang terbesar, apakah Petrus atau Paulus, atau Yohanes yang sering disebut murid yang (paling) dikasihi-Nya.

 

 

Mengasihi Tuhan berarti mengikuti rencana dam kehendak Tuhan dalam hidup kita. Petrus telah mengalami perubahan mendasar dalam dirinya, yakni dari seorang pencari ikan menjadi penginjil, seorang yang tidak sabaran menjadi seorang yang kokoh bagai karang teguh, dan seorang yang berdosa menyangkali Tuhan-Nya ternyata diampuni. Ia semakin menyadari makna kebangkitan Yesus bagi dirinya. Inilah juga yang diharapkan dari kita, bagaimana Tuhan Yesus telah merubah hidup kita dan kebangkitan Kristus itu semakin menyadari bahwa Tuhan telah memberikan yang terbaik bagi hidup kita. Jawaban Petrus yang ketiga mestinya menjadi jawaban kita semua kepada Dia.

 

 

Keempat: cara mati yang sudah ditentukan (Yoh 21:18-19)

 

Ayat 18 ini menunjuk kepada cara Petrus akan menemui ajalnya. Tuhan Yesus mengingatkan bahwa ketika Petrus (dan kita) masih muda, kita memiliki kekuatan dan kebebasan untuk menentukan langkah tujuan kita. Tetapi ketika usia tua sudah menjelang, maka pilihan itu menjadi terbatas bahkan bisa harus mendapat pertolongan orang lain. Tetapi ada juga yang mencoba menafsirkan ayat tersebut, bahwa Tuhan Yesus hendak menyatakan "cara mati" Petrus, yakni melalui diikat dan disiksa yang tidak sesuai dengan kehendaknya. Tradisi menyatakan bahwa cara mati rasul Petrus adalah disalibkan di Roma atas perintah kaisar, meski atas permintaan Petrus, dia disalibkan terbalik karena menilai dirinya tidak layak untuk disalibkan seperti Tuhan Yesus. Penafsiran inilah yang membuka peluang bahwa cara mati seseorang secara umum telah ditetapkan dari awalnya, apakah melalui sakit yang panjang, tidak melalui sakit, dan sebagainya sebagaimana Petrus telah ditetapkan, tetapi penafsiran ayat itu dapat juga hanya specific untuk Petrus saja dan tidak berlaku umum. Oleh karena itu, penafsiran demikian masih merupakan perdebatan para ahli teologia.

 

 

Tetapi apa yang ditekankan oleh Tuhan Yesus kepada Petrus adalah, dia akan mengalami masa yang sulit sebagai konsekuensi dari jawabannya itu. Petrus akan melalui ujian yang berat, kuk salib akan dipasang dipundaknya, tetapi meskipun Yesus mengatakan demikian, Petrus tetap mengikut Dia dan menerima konsekuensi itu. Petrus kehilangan rasa takut sebab ia sudah menyadari Tuhan Yesus yang memberi perintah dan akan mengendalikan hidupnya. Dan memang begitulah, kalau sudah Tuhan yang mengendalikan, maka kita tidak perlu takut untuk mengikuti-Nya. Tetapi godaan iblis akan kemanusiaan kita, juga tetap ada pada Petrus, yang mencoba bertanya tentang bagaimana halnya dengan murid-murid lain? Tetapi Yesus menjawab: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku" (Yoh 21:22). Kita cenderung ingin membandingkan diri kita dengan yang lain, pelayanan kita dengan yang lain, mencoba merasionalkan apa yang sudah dan akan lakukan untuk Tuhan, seolah-olah mencari keadilan, tapi Yesus berkata, jangan urus hal itu. Uruslah dirimu, bagaimana dengan kamu saja, mau ikut atau tidak?

 

 

Kesimpulan
Pertanyaan Tuhan Yesus kepada rasul Petrus sebanyak tiga kali dengan penekanan yang berbeda, menjadi pertanyaan untuk kita: apakah kita mengasihi Tuhan Yesus? Apakah kita benar-benar sahabat Yesus? Apakah kita siap dengan konsekuensi yang akan diberikan oleh-Nya untuk kemuliaan-Nya? Bagaimana jawaban kita?

 

 

Tuhan Yesus memberkati kita, amin.

Khotbah

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Renungan

Pengunjung Online

We have 338 guests and no members online

Statistik Pengunjung

8567878
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Keseluruhan
5926
73300
79226
8223859
719163
883577
8567878

IP Anda: 172.69.166.104
2024-12-16 05:37

Login Form