Monday, December 16, 2024

Khotbah Minggu 2 Juni 2019 (Minggu Ketujuh Paskah)

Khotbah Minggu 2 Juni 2019

(Minggu Ketujuh Paskah)

 

SUPAYA SEMUA MENJADI SATU

(Yoh 17:20-26)

 

Bacaan lainnya menurut Leksionari: Kis 16:16-34;  Mzm 97; Why 22:12-14, 16-17, 20-21

 

Pendahuluan

Ini adalah doa Tuhan Yesus sebelum penyaliban-Nya. Yesus berdoa bagi murid-murid-Nya dan juga bagi dunia. Tuhan Yesus pada masa akhir pelayanan-Nya berdoa bagi kesatuan umat percaya dan gereja-gereja, menandakan betapa hal ini merupakan pokok yang penting bagi kita semua. Kita memang kadang kala melihat orang percaya terpisah, saling membenci dan gereja sering terpecah karena alasan yang sepele atau bahkan karena perebutan aset atau harta duniawi. Ini jelas mendukakan Allah kita. Tuhan Yesus juga berdoa bagi kesatuan orang percaya dan gereja karena Roh Kudus siap bekerja untuk mempersatukan kita. Dari nats minggu ini kita diberikan pencerahan sebagai berikut.

 

Pertama: Yesus berdoa bagi kita semua (ayat 20)

Tuhan Yesus berdoa karena berada dalam pergumulan yang berat. Kalimat yang panjang dari Tuhan Yesus dalam doa-Nya mengungkapkan makna yang dalam. Ada perasaan galau dan sedih sebab Tuhan Yesus telah melihat kecendrungan murid-murid dan pengikut untuk berselisih dan terpecah-pecah. Egoisme dalam diri manusia membuat kasih bisa dikesampingkan, malah memicu pertikaian yang membawa kepada dosa. Hal itu sudah terlihat sejak percakapan tentang siapa yang lebih besar di antara murid-murid. Pasa masa para rasul juga keadaan itu tampak, ketika Paulus "berselisih" dengan Barnabas tentang Markus (Kis 15:35-41). Ada juga perselisihan antara Paulus dengan Petrus dan kawan-kawannya (Gal 2:7-14).

 

Perselisihan dan pertentangan juga terjadi pada sejarah gereja. Sejak awal terbentuknya gereja bahkan sebelum dikanonkannya Alkitab, perselisihan itu sudah mulai tampak, seperti dalam hal pemahaman ke-Allah-an Yesus dan juga soal baptisan. Saat itu bahkan sudah ada hukuman “kutuk” bahkan hukuman mati apabila terjadi perbedaan pendapat. Demikian juga setelah dikanonkannya Alkitab, perselisihan besar dimulai antara gereja Barat (Khatolik) dengan gereja Timur (Orthodox). Perpecahan besar (schism, skisma) terjadi lagi ketika protestanisme dideklarasikan yang diawali oleh protes Martin Luther, yang menjadikan umat Katholik dan Protestan menjadi terbagi dua. Hal ini terus berlanjut ke masa kini ketika umat protestan dipicu lagi oleh pemikiran dan aliran pentakosta dan pentakosta baru dan berpisah dari pemikiran main stream. Kita belum tahu bagaimana arah ke depannya dan semoga tidak sering terjadi dan tidak bertambah buruk.

 

Memang ada hal yang positip dari perselisihan dan perpecahan tersebut. Pada waktu masa rasul, mereka dengan berpikir positip mengambil jalan masing-masing. Sebagaimana Paulus dan Barnabas serta Petrus, mereka mengambil jalan penginjilan yang berbeda targetnya. Mareka semakin dewasa dan tetap saling menghormati (1Kor 9:6; 2Tim 4:11). Hal ini juga terjadi pada tubuh gereja, yakni dengan semakin banyak denominasi maka semangat untuk melayani dan menginjili dunia juga semakin besar. Kita harus bisa mengambil sisi positip dari perbedaan dan perselisihan, sepanjang itu bukan untuk kepentingan pribadi, kelompok dan meninggikan dan membesarkan nama manusia. Alkitab berkata, "biarlah saya menjadi kecil dan Engkau yang menjadi besar". Untuk itulah Yesus berdoa bagi para murid dan juga bagi kita supaya kita hidup dalam kasih, bersatu dengan Dia dan bersatu dengan sesama.

 

Kedua: Yesus menginginkan kita menjadi satu (ayat 21-22)

Yesus berdoa untuk kesatuan hati, pikiran, dan kehendak agar kita dapat secara bersama-sama  mengabdi sungguh-sungguh kepada-Nya.  Kesatuan yang diminta Tuhan Yesus bukan dalam pengertian segi administrasi dan organisasi, akan tetapi yang lebih utama adalah dalam kesatuan kasih, kesatuan rohani yang berlandaskan Kristus (Yoh 17:23), dan kesatuan satu misi bagi dunia. Sebuah analisis mengatakan pengertian menjadi "satu" (dalam terjemahan bahasa Indonesia), dimaksudkan adalah "satu adanya", yang dalam bahasa Yunani lebih menekankan tindakan yang berkesinambungan,  terus-menerus, dan kesatuan yang berlandaskan kesamaan dalam hubungan.

 

Allah menciptakan perbedaan, keragaman dan pluralisme (Kis 10:34-35). Perbedaan membentuk mosaik yang artistik. Warna-warna adalah keindahan. Tetapi perbedaan yang indah adalah perbedaan yang diikat oleh kasih, disatukan oleh tujuan untuk kasih kepada Allah dan sesama, serta bertujuan meninggikan dan memuliakan Allah. Perbedaan dan keragaman dibuat oleh Allah bukan untuk pemicu konflik atau pertentangan yang menjurus kepada cacian dan kekerasan. Perbedaan haruslah sebagai proses pembauran tesis dan antitesis yang menghasilkan sintesis.

 

Namun pada dasarnya Allah tidak menginginkan perpecahan di dalam gereja (1Kor 11:2-16). Umat percaya dan gereja harus berusaha tetap dalam satu visi, satu misi, satu baptisan dan satu tujuan. Allah apabila perlu dapat melihat waktu dan cara terjadinya perbedaan, bukan dengan jalan pikiran manusia sendiri. Ini mungkin yang terjadi pada zaman Perjanjian Lama, bahwa Allah menciptakan perbedaan yang baik untuk manusia (Kel 34:28-35). Apa yang terjadi dalam sejarah gereja itu pasti ada dalam kehendak Allah, seperti perpisahan umat protestan dan umat khatolik, sebab saat itu gereja Khatolik memang telah menyimpang dari ajaran gereja yang benar. Akhirnya semua diluruskan dan kita melihat buah positipnya. Oleh karena itu jangan dengan mudah mencari justifikasi atau pembenaran bahwa perbedaan dan perpecahan adalah baik adanya, melainkan Allah tetap menginginkan kita bersatu.

 

Ketiga: Yesus di dalam kita untuk membuat kita sempurna (ayat 23-24)

Inilah yang menjadi tantangan kita saat ini. Sebab jika melihat kenyataan yang ada di sekitar kita, baik pada tingkat lokal, kelompok, suku, bangsa, dan bahkan gereja, perselisihan dan perpecahan mudah terjadi. Amuk massa bahkan kini menjadi tontonan rutin di TV. Kita agak miris melihat semua itu. Kesatuan hati dan tujuan seolah-olah menjadi sesuatu yang sulit dicapai dan perbedaan tidak dilihat sebagai bunga-bunga kehidupan. Orang Kristen dan gereja harus menjadi teladan dalam situasi yang demikian itu. Jangan menjadi contoh yang buruk, atau bahkan menjadi provokator yang membuat damai sejahtera dan kedamaian tidak tercipta.

 

Luk 6:13-16 menceritakan para murid mampu bekerja sama walau mereka berbeda-beda dan inilah yang diinginkan Yesus bagi kita. Falsafah bangsa kita Bhineka Tunggal Ika juga bisa dijadikan pegangan; berbeda-beda tetapi tetap satu dalam ikatan negara kesatuan RI. Ut Omnes Unum Sint, supaya semua menjadi satu. Umat percaya dan gereja-gereja berbeda sekaligus bersatu dalam semangat saling mengasihi dan mengasihi dunia, mengasihi mereka yang belum mengenal Dia. Allah mempercayai Yesus melalui pencobaan di gurun dan Yesus percaya kepada Allah, dan  Dia juga percaya kepada manusia untuk memberikan yang terbaik bagi kesatuan dan persatuan, sepanjang ada kemauan. Itu telah diperlihatkan para murid.

 

Di dalam kesatuan gereja misalnya, kita tidak perlu beribadat dengan cara dan pola yang sama. Kita tidak perlu mempertentangkan liturgi, cara berdoa, pengakuan iman mana yang terbaik, urutan lagu, dan sebagainya. Kalau kita melihat gereja mula-mula juga demikian. Mereka menemukan jalan bagaimana mereka menyelesaikan perbedaan yang terjadi (Kis 15:31). Harus ada pemikiran dan prinsip bahwa yang lebih utama adalah kesatuan kita dan itu menjadi buku yang terbuka dan mudah dibaca oleh banyak orang. Kita dilihat orang lain diikat oleh satu iman, satu baptisan, satu pengharapan dan satu kasih. Adanya perbedaan tidak perlu membuat kita kecewa dan menimbulkan rasa sakit (Rm 14:1-2; 1Kor 1:10-11). Mari kita anggap itu sebagai hal yang wajar. Jadi yang lebih diutamakan adalah bagaimana memperlihatkan Tuhan Yesus telah bekerja dalam diri kita dan membuktikan bahwa Yesus juga bekerja dalam tubuh gereja dan menjadikan kita sempurna. 

 

 

Keempat: Mengenal Bapa melalui kasih-Nya (ayat 25-26)

Yesus mendapat kemuliaan dari Bapa dan Ia ingin memberikan kemuliaan itu kepada kita orang percaya. Kemuliaan yang diberikan oleh Bapa kepada Yesus melalui salib, maka kemuliaan bagi kita hanyalah apabila kita juga memikul salib yang diberikan kepada kita dan menerimanya dengan rendah hati (Flp 2:2-11). Tetapi itu semua dilakukan oleh Allah Bapa karena kasih-Nya kepada Yesus dan kasih-Nya kepada kita. Melalui jalan penderitaan dan pengorbanan itu kemuliaan diberikan-Nya.

 

Hal itu juga sama dengan kita orang percaya. Kemuliaan yang bisa kita dapatkan jika orang dapat melihat dan persaksikan apa yang kita lakukan, yakni kita bersedia berkorban dan menderita demi persatuan dan kesatuan itu. Berusaha untuk selalu menang dan mendapatkan keuntungan dari setiap situasi pasti menyulitkan untuk terjadinya kesatuan. Dan orang juga bisa melihat bahwa  kita melakukannya bukan karena kehebatan diri kita, tetapi semata-mata karena kasih Allah kepada kita yang kemudian kita wujudkan bagi orang lain. Kerendahan hati, penyangkalan diri, dan kesediaan untuk menderita bagi Tuhan Yesus menjadikan persatuan orang percaya dan gereja serta akan membawa kepada kemuliaan sejati bagi gereja dan Tuhan kita.

 

Disini perlu ada kepatuhan kepada Bapa. Perlu ada penyerahan diri bahwa melalui jalan yang kita tempuh Allah bekerja untuk menjadikannya lebih baik dan itulah yang diminta dari kita. Allah akan meminta seberapa besar kita sudah memberi andil dalam kesatuan kasih itu; baik melalui doa, menghindari hujatan dan gosip, menghindari kubu-kubuan, mendukung gerakan oikoumene dan kebersamaan, dan meninggikan Kristus sebagai Kepala Gereja. Itulah harusnya menjadi sukacita kita dan sukacita kita saat ini hanya pembuka sukacita yang lebih besar kelak di sorga.

 

Mari kita nyanyikan PKJ 118, “Agar Semua Orang Percaya” ayat 1 yang berlirik demikian: “Agar semua orang percaya, menjadi satu di dalam Bapa, seperti Yesus di dalam Bapa, seperti Bapa di dalam Yesus; Itulah doa Tuhanku Yesus, agar bahagia orang percaya, Itulah doa yang sangat tulus, agar bahagia orang percaya”.

 

Kesimpulan

Minggu ini kita dingatkan tentang pentingnya kesatuan dan persatuan dalam kehidupan orang percaya dan juga di dalam tubuh gereja. Yesus telah berdoa bagi kita dan Roh Kudus siap untuk berkarya bagi kita untuk kemuliaan Yesus dan Allah Bapa. Kita harus memperlihatkan bahwa Yesus ada dalam hidup kita dan mampu membuat kita menjadi sempurna. Kasih Bapa telah dinyatakan-Nya melalui Yesus dan melalui jalan penderitaan dan kasih Bapa itulah yang kita perlihatkan pada dunia, dengan kerelaan kita berkorban untuk mewujudkan kita memang mampu bersatu dan Ut Omnes Unum Sint, supaya semua menjadi satu.

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

 

Khotbah

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Renungan

Pengunjung Online

We have 220 guests and no members online

Statistik Pengunjung

8570047
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Keseluruhan
8095
73300
81395
8223859
721332
883577
8570047

IP Anda: 172.69.165.65
2024-12-16 11:09

Login Form